Bencana Alam Tak Berpacaran dengan Mistis…

Jaman sekarang, apa – apa dikaitkan dengan ini, apa – apa dikaitkan dengan itu. Padahal belum tentu pernyataan keterkaitan tersebut benar adanya. Contohnya saja berbagai peristiwa bencana alam yang terjadi di Indonesia sekarang ini, dikaitkan dengan hal – hal mistis yang berbau sakral oleh masyarakat. Indonesia yang merupakan negara dengan masyarakat beragam budaya, menyebabkan kepercayaan dan adat istiadat masyarakatnya beragam pula. Dikarena beragamnya kepercayaan tersebut, terkadang ada kepercayaan yang mengkaitkan bencana alam dengan hal – hal mistis seperti misalnya sesajen, penyerahan tumbal, upacara tolak bala, dan sebagainya. Padahal sebenarnya secara rasional, Indonesia secara geografis termasuk daerah yang rawan bencana sehingga wajar jika rawan mengalami musibah atau bencana alam. Jadi terkadang masyarakat terlalu mengkait – kaitkan pada hal – hal mistis yang mana dapat menimbulkan syirik.

Din Syamsudin sendiri menyerukan bahwa agar para pemimpin negeri ini untuk bermuhasabah dalam menyikapi musibah bencana yang terjadi beruntun di Indonesia sekarang ini. Beliau juga meminta agar bencana tidak dikaitkan dengan perbuatan syirik. Ketua Umum Muhammadiyah tersebut sendiri saat menerima Presiden Muhammadiyah Mauritius, Farad Abdul Muthalib di kantornya Jl.Menteng Raya, Jakarta, Minggu 14 November kemarin, mengatakan “saatnyalah bermusahabah terutama para pemangku amanat, politisi, pejabat bermusahabah dulu. Jangan syirik. Seharusnya menghadapi musibah mengucapkan innalillahi. Justru masih ada yang syirik, baik nyata maupun tidak. Hindarkan diri dari perbuatan syirik.”

Din sendiri merasa sedih karena peristiwa alam yang sering terjadi sekarang ini selalu dikaitkan dengan hal yang berbau mistis. Contohnya saja saat bencana Gunung Merapi. Menurut beliau, seharusnya ada pelajaran yang diambil oleh umat. Din mengatakan, “seharusnya mengambil pelajaran tapi kita tidak sadar – sadar. Saya sedih ada pemahaman bersifat mistis. Termasuk petruk – petruk, ini jelas syirik. Allah jelas marah.” Saat pemimpin melakukan muhasabah sendiri, Din menyarankan agar para pemimpin tidak tebar pesona diatas penderitaan para pengungsi. Katanya, “Muhasabah bukan demonstrative. Boleh saja demonstrative. Tapi jangan kehilangan keikhlasan. Justru politis, justru menebar pesona lain. Ini kan kontradiktif.”

Bapak Presiden sendiri yaitu Susilo Bambang Yudhoyono meminta pada masyarakat agar tidak menghubungkan bencana alam yang terjadi di negeri kita ini dengan hal – hal mistis dan politik. “Negeri kita termasuk negeri yang rawan bencana, jangan salah tafsir, bencana itu tidak hanya terjadi baru – baru ini saja,” ungkapnya saat member sambutan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional 2006 pada hari Rabu 20 Desember tahun 2006 yang lalu di Stadion Manahan Solo. Presiden juga mengatakan bahwa sejak ribuan yang tahun lalu saja, bencana alam sudah selalu melanda negeri kita ini. Contohnya letusan gunung di Sumatera yang membentuk Danau Toba. “Konon itulah letusan gunung api yang terdahsyat mengubah atmosfir dan cuaca permukaan bumi,” ujar Pak Presiden.

Jadi, menurut saya dalam menyikapi bencana alam yang terjadi di negeri tercinta kita ini, tak perlu menghubungkannya dengan hal – hal yang berbau mistis atau sarat dengan kesyirikan. Ada baiknya kalau kita mermuhasabah dalam menghadapi bencana yang terjadi ini seperti kata Bapak Din Syamsudin. Tak perlu masyarakat melakukan ritual – ritual sakral khusus hanya karena beranggapan bahwa bencana terjadi karena mungkin alam kurang sesajen atau apa. Tak perlu itu. Presiden saja sudah mengatakan kalau Indonesia itu daerah rawan bencana, jadi wajar jika sering terjadi bencana dan tak perlu mengkaitkan dengan hal – hal mistis. So, dapat kita katakan dan kita simpulkan bersama – sama, bahwa Bencana Alam statusnya Tak Berpacaran dengan Mistis….

Sumber :

http://www.detiknews.com/read/2010/11/14/145033/1493945/10/din-minta-bencana-tidak-dihubungkan-dengan-peristiwa-mistis

http://www.tempointeraktif.com/hg/nasional/2006/12/20/brk,20061220-89789,id.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: