WikiLeaks…. Riwayatmu…. Kini…

Sudah bisa ditebak bagi para Netter dan penikmat berita, WikiLeaks memang merupakan situs yang sedang menjadi perbincangan berbagai media massa. Situs ini sendiri menerbitkan dokumen-dokumen rahasia sambil menjaga kerahasiaan sumber-sumbernya. Situs tersebut diluncurkan sejak tahun 2006. Saat ini alamat situs telah dialihkan ke http://www.wikileaks.ch untuk alasan keamanan. Situs WikiLeaks sendiri dibuat oleh organisasi Internasional yang bermarkas di Swedia. Organisasi ini didirikan oleh disiden politik Cina, dan juga jurnalis, matematikawan, dan teknolog dari Amerika Serikat, Taiwan, Eropa, Australia, dan Afrika Selatan. WikiLeaks yang menjadi situs heboh ternyata memiliki beberapa penghargaan, mulai dari New Media Award dari majalah Economist untuk tahun 2008 sampai dengan ditempatkan pada peringkat pertama di New York Daily News pada bulan Mei 2010 dalam “situs yang benar-benar bisa mengubah berita”.

Situs ini mengundang kontroversi pada bulan Juli 2010 kemarin karena membocorkan dokumen perang Afganistan. Kemudian pada bulan Oktober sendiri, hampir 400.000 dokumen mengenai Perang Irak dibocorkan oleh situs WikiLeaks. Selanjutnya pada bulan November kemarin, situs ini mempublikasikan dokumen – dokumen kawat diplomatik yang bersumber dari 274 kedutaan besar Amerika Serikat di berbagai dunia, termasuk dari Departemen Luar Negeri AS sendiri. Wikileaks sendiri mengaku sengaja mencicil publikasi dokumen tersebut, agar masing – masing tema mendapat perhatian dari publik yang memadai. Jika dipublis semuanya sekaligus, rahasia negara yang penting bisa terlewatkan dari perhatian publik. Sejak dokumen – dokumen rahasia tersebut dipublis oleh WikiLeaks, media massa beramai – ramai memberitakan berita – berita tersebut. Contohnya saja mengenai Raja Arab Saudi yang meminta AS untuk menyerang Iran, Belanda menyimpan nuklir titipan Amerika Serikat, dan lain – lain.

Pendiri WikiLeaks sendiri yaitu Julian Assange sudah mulai menjadi incaran. Julian sendiri sebelumnya pernah dicoba dijerat dengan tuduhan asusila namun hal tersebut tak membuat WikiLeaks goyah. Sekarang ini yang membuat situs WikiLeaks goyah sendiri adalah serangan dari dunia maya ke server WikiLeaks. Serangan DDOS (Distributed Denial Of Service) terhadap WikiLeaks sekarang ini melebihi 10 gigabit per detik, seperti pernyataan WikiLeaks di Twitter pada Selasa malam 30 November 2010. Serangan tersebut adalah saat server situs Wikileaks dibanjiri trafik dari berbagai arah, yang bertujuan untuk menghabiskan sumber daya server sehingga situs Wikileaks tak bisa diakses. Dalam WikiLeaks sendiri juga terdapat dokumen – dokumen rahasia yang terkait dengan Indonesia yaitu berjumlah 3059. Dokumen yang rahasia sendiri terdapat 1549, dokumen dengan kategori “confidential” ada 1451 buah, dan dokumen dengan kategori “secret” ada 98 buah, sisanya yaitu 1510 buah merupakan dokumen aman atau tak rahasia.

Sampai saat ini, dokumen mengenai Indonesia barulah yang “menyerempet” saja. Misalnya adalah dokumen tentang seorang direktur di Departemen Pertahanan AS yang bertemu dengan asisten Menteri Luar Negeri AS, membicarakan tentang situasi pasca kunjungan Hillary Clinton ke Jakarta,pada tahun 2009 lalu. Clinton sempat mengatakan bahwa AS akan mempertimbangkan menyediakan “payung pertahanan” bagi negara – negara Arab moderat untuk menghadapi nuklir Iran. Sungguh ironi memang WikiLeaks, bahkan sampai dokumen negara kita pun ikut terdapat di servernya, bahkan berjumlah ribuan. Memang tak dapat dipungkiri situs WikiLeaks sampai menghebohkan media massa karena ulahnya membocorkan dokumen – dokumen rahasia negara.

Menurut saya sendiri seharusnya pemerintah dari negara – negara yang terkait dengan dokumen – dokumen rahasia yang dibocorkan oleh WikiLeaks dapat menindak tegas situs tersebut. Seperti kita ketahui, dokumen yang dibocorkan adalah dokumen rahasia yang seharusnya aman dan tak diketahui oleh siapapun, jika dibocorkan maka rahasia mengenai keamanan atau diplomatik negara dapat diketahui dengan mudah. Sungguh… Sungguh… WikiLeaks… Riwayatmu.. Kini…

Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/WikiLeaks

http://id.news.yahoo.com/yn/20101201/twl-dokumen-rahasia-terkait-indonesia-di-311bf9a.html

4 Comments »

  1. ratnandoet Said:

    aapa itu wikileaks kok saya rada g mudeng…katanya ada indoleaks juga..

    • piwda17 Said:

      opo iyo eneng indoleaks…. koyo’e cuma leaks Bali… wkwkwk….

  2. wikileaks ……… kenapa kalo ada sesuatu untuk membongkar keborokan suatu negara pasti dihujat aneh katanya semua bangsa sudah menuju kearah demokrasi …… bahkan di Amerika katanya siapa yang ketahuan buka situs wikileaks bakalan susah cari kerjaan karna dah di black list !!!!!!! berarti DEMOKRASI, KEBEBASAN BERPENDAPAT itu hanya bualan belaka kah?


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: