5 Budaya Unik Jepang

1. GEISHA

Geisha_51Jika kita berjalan-jalan di kota Kyoto, maka sesekali kita akan melihat seorang wanita muda berjalan dengan penampilan bibir merah, kulit putih, mengenakan sandal kayu tinggi khas Jepang (geta), dan kimono dari bahan sutera dengan motif dan warna yang sesuai dengan musim saat itu, dialah Maiko san atau seorang gadis yang sedang menjalani pelatihan sebagai seorang geisha.

Fakta pertama yang harus kita ketahui adalah anggapan bahwa geisha adalah seorang pekerja prostitusi itu salah. Jika dilihat dari arti katanya, geisha berarti seniman atau artis. Seni yang biasanya dikuasai seorang geisha adalah bernyanyi, menari, dan seni memainkan musik khas Jepang, selain itu seorang geisha juga pintar menuangkan teh. Geisha hidup di sebuah Okiya bersama dengan Okasan (ibu penanggung jawab) dan “saudari” geisha mereka yang lain.

2. MITOOGI JEPANG

amitgSemua negara di dunia memiliki mitos kepercayaan masing-masing. Jepang sebagai negara maju juga termasuk di dalamnya. Walaupun masyarakatnya telah menjalani kehidupan sehari-hari dengan gaya modern dan teknologi tinggi, namun mereka juga masih mempercayai mitologi yang berkembang di masyarakat. Salah satunya adalah tentang Inugami, Roh Anjing Yang Dapat Diciptakan. Inugami adalah makhluk supernatural dalam mitologi Jepang yang termasuk dalam kategori shikigami. Cerita rakyat Jepang menggambarkan bahwa wujud Inugami berupa anjing/manusia-anjing. Inugami bisa kita “ciptakan” melalui proses yang sangat brutal. Nama Inugami sendiri berarti “Dewa Anjing”.

3. HOSUTO

ahstjapanHosuto atau Host merupakan jenis hibruan malam yang paling lazim ditemukan di berbagai penjuru Jepang. Pusat konsentrasi terbesarnya ada di Kabukicho, kemudian disusul oleh Roppongi dan Ginza. Namun yang perlu diperhatikan sebelum wisatawan menjelajah Host dan Hostess tersebut sebaiknya difahami dulu prinsip dari tempat hiburan ini. Di Jepang sendiri profesi Host ini berbeda dengan prostitusi. Yang susah dimenegrti adalah mengapa wanita Jepang suka menggunakan layanan Host ini, padahal di negara lain yang lazim menggunakan jasa ini adalah para pria.

4. KAISEKI

kaisekiKaiseki adalah masakan Jepang yang artistik yang berdasarkan musim. Sebenamya bisa dikatakan bahwa Kaiseki adalah masakan Jepang yang paling pokok. Arti Kaiseki diambil dari sebuah cerita yang mengatakan bahwa para pendeta Budha yang menjalankan aJaran Zen dengan sangat disiplin pada zaman dahulu membawa batu panas (seki) di dalam kantong kimono yang mereka pakai agar mereka dapat menjalankan puasa dengan baik.

5. OTAKU

aotakusOtaku adalah orang-orang yang terlalu terobsesi dengan hobi mereka. Di negeri asal manga-manga dan anime-anmie terkenal di dunia ini, para otaku tumbuh subur seperti jamur di musim hujan. Cara para otaku menunjukkan kecintaannya pada anime dan manga pun bermacam-macam. Tidak hanya sekedar mengoleksi episode anime, manga, atau action figure favoritnya, bahkan lebih dari itu.

SUMBER: Five Misterious Japanese Cultural

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: