Ojigi, Budaya Membungkuk Orang Jepang

ojigiKalau kita perhatikan orang Jepang punya kebiasaan yang unik, yaitu membungkuk hampir di setiap saat, seperti ketika bertemu kerabat, berkenalan, meminta maaf, mengatakan permisi bahkan ketika mengangkat telpon mereka akan mengangguk sedikit.

Kebiasaan ini adalah sebuah keharusan bagi orang Jepang dan telah diajarkan semenjak kecil. Membungkuk ala Jepang atau yang disebut Ojigi (お辞儀) ini ternyata bukanlah sekedar membungkuk saja, melainkan ada aturan tertentu sesuai maksud dan tujuan serta kepada siapa bungkukan itu ditujukan.

ojigi31. Mengangguk Pelan, 5 derajat. Anggukan ini biasanya dilakukan jika bertemu dengan teman,keluarga dekat atau tetangga. Bagi mereka yang memiliki strata yang lebih tinggi, anggukan ini biasanya digunakan untuk membalas anggukan/bungkukan yang lebih dalam dengan maksud untuk menunjukan bahwa strata sosialnya lebih tinggi.
2. Membungkuk Salam (Eshaku 会釈 ), 15 derajat. Ini merupakan cara formal dalam membungkuk. Fungsinya untuk menyampaikan salam kepada teman atau rekan kerja yang kita ketahui tapi tidak terlalu dekat.
3. Membungkuk Hormat (Keirei 敬礼), 30 derajat. Ini merupakan cara membungkuk yag sangat formal. Biasanya disampaikan untuk menunjukan rasa hormat kepada atasan, orang yang lebih tua atau yang jabatannya lebih tinggi.
4. Membungkuk Hormat Tertinggi (Sai-Keirei ), 45 derajat. Ini merupakan cara membungkuk yang bermakna bahwa si pembungkuk merasa sangat menyesal dan bersalah sehingga ia memohon untuk diberikan maaf. Cara ini juga bisa digunakan untuk memberikan penghormatan kepada orang yang memiliki jabatan atau status sosial yang sangat tinggi, seperti kepada Kaisar Jepang.
5. Membungkuk Berlutut. Ini merupakan cara membungkuk terakhir yang memiliki arti yang paling dalam. Biasanya dilakukan sebagai permintaan maaf karena telah melakukan kesalahan yang sagat fatal ( seperti membunuh). Juga dilakukan sebagai penghormatan kepada raja pada jaman dahulu.

Ada beberapa alasan mengapa kita harus melakukan ojigi, yaitu:

1.Sebagai Salam.Salam dan OjigiSudah umum bahwa membungkukkan kepala dan bahu 10° kedepan merupakan cara untuk memberi salam kepada teman atau mengucapkan selamat tinggal.

2.Memperkenalkan Diri.

111Baik dalam situasi resmi atau santai, membungkukkan badan atas 30 derajat kedepan adalah suatu keharusan,dan posisi tangan dan bahu harus lurus dengan tangan berada disamping. Setelah bertukar mesihi, membungkuklah dan tahan selama 1 detik atau lebih. Jangan bertatap mata saat membungkuk (dianggap hal yg buruk), jaga jarak agar tidak berbenturan (sering terjadi). Jika orang yang anda temui adalah orang penting,membungkuklah 45 derajat dan jangan membungkuk sambil berjabat tangan diwaktu yang sama.

3.Bungkukkan Penghormatan.

bowing1Membungkuk adalah sebuah ekspresi kemanusiaan yang selalu menandakan menghormati.

4.Membungkuk dalam Olahraga.

aojigisumoBungkukkan rasa hormat lainnya adalah saat dua lawan saling berhadapan dalam pertandingan olahraga, yang umumnya dilakukan dengan bungkukan rendah 20 derajat.

5.Membungkuk dalam upacara agama.

424968Hal ini juga telah umum, membungkuk kepada dewa di Kuil Shinto yang umumnya hanya berupa bungkukan rendah badan atas kamu.

6.Membungkuk dalam Bela diri.

ajiogiBeladiri Jepang mempunyai cara tersendiri untuk membungkuk, yang bisa berarti sikap sangat menghormati guru ataupun lawan.

7.Membungkuk pada pembeli.

apemblDi Jepang, pembeli dianggap dewa, sudah umum bahwa staff membungkuk kepada pembeli yang biasanya dilakukan dengan membungkukan badan atas sekitar 20 derajat.

8.Membungkuk untuk mengucapkan terimakasih.

YouTube - Nihongo Dekimasu Ep 1 part 2_3.flv_snapshot_06.43_[2012.01.13_22.26.38]Biasanya dilakukan dengan membungkukan kepala sedikit saja sebagai tanda keramah tamahan.

9.Membungkuk saat pertunjukkan.

assojigiSeperti halnya dibarat ,sudah umum bahwa aktor memberikan penghormatan terhadap tepuk tangan penonton dengan cara membungkuk sedikit, namun di Jepang adakalanya para aktor berterima kasih dengan membungkuk rendah, seperti contoh; para geisha.

10.Permintaan Maaf secara halus.

asdfgurlPermintaan maaf secara halus dilakukan dengan membungkukan kepala 10 derajat. Hal ini bisa dilakukan bila kamu secara tak sengaja menabrak seseorang yang mengakibatkan mereka merasa tidak nyaman. biasanya dikuti dengan mengatakan sumimasen.

11.Permintaan maaf biasa.


Jika bos sedang marah pada Anda, bungkukan badan atasmu 45 derajat selama 5 detik sambil berkata sumimasen deshita (saya menyesal atas kesalahan saya).

12.Permintaan maaf yang serius.
Biasa dilakukan jika anda melakukan kesalahan yang cukup serius. Bungkukan badan atas mu 45 derajat selama 15-20 detik sambil berkata moushiwake gozaimazen deshita (saya sangat menyesal dengan apa yang telah saya lakukan).

13.Permintaan maaf saat panik.
Contoh; anda adalah seorang pelayan yang tidak sengaja menjatuhkan kopi disalah satu pelanggan, membungkuklah 45 derajat secara terus menerus untuk menunjukkan betapa menyesal nya kamu sambil berkata moushiwake gozaimasen dalam setiap bungkukan.

14.Permintaan maaf yang sangat serius.

sdojigiAnggaplah anda telah melakukan kejahatan yang sangat serius dan anda meminta maaf kepada korba anda. Anda harus membungkuk dari posisi berlutut serendah mungkin. Dan berkata makoto ni moushiwake gozaimasen deshita (saya benar-benar meminta maaf secara tulus atas apa yang telah saya lakukan).

SUMBER: Ojigi Artikel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: