Nuppeppo, Hantu Berbau Bangkai dan Bergelambir dari Jepang

Umumnya makhluk halus seringkali menunjukkan eksistensinya lewat penampakan atau bau-bauan. Beberapa memiliki bau khas seperti aroma bunga tertentu, minyak, hingga buah. Namun, tidak semuanya memiliki bau yang harum. Bagaiman jika ada youkai yang senang menebar bau bangkai seperti yang dilakukan Nuppeppo?

Nuppeppo, atau yang biasa dikenal dengan Nuppefuhofu adalah youkai yang tidak berjenis kelamin, dengan perkiraan tinggi 1,5 meter. Youkai ini dikenal memiliki sosok seperti daging manusia yang tebal dan berlipat-lipat seperti lemak yang bergelambir dan lipatannya menyerupai wajah manusia dan sosoknya disertao bau yang tidak sedap.

nopNuppeppo merupakan youkai yang pasif dan tidak berbahaya. Hanya saja ia memiliki bau yang sangat memuakkkan seperti bau badan , bau darah, yang sudah membusuk. Teori lain menyebutkan jika pada dasarnya Nuppeppo adalah jasad yang sudah membusuk. Bahkan ada rumor yang mengatakan jika ada orang yang bisa memakan daging Nuppeppo, maka akan awet muda sepanjang hidupnya.

Nuppeppo seringkali ditemukan bergentayangan di dataran berpasir di pedesaan, perkotaan, malam dipenghujung tahun, di perkuburan, hingga kuil-kuil yang sudah ditinggalakan penghuninya. Kadang ditemukan berjalan sendiri, kadang juga bergerombol. Nuppepo biasanya berjalan lambat di malam hari di daratan berpasir seperti kuil kosong atau dekat dengan kuburan namun kadang suka menampakkan diri untuk menakut-nakuti manusia.

apepposNuppepo biasanya tidak langsung menampakkan sosoknya. Kadang kemunculannya disertai dengan bau-bauan yang tidak lazim, seprti bau bangkai yan menyengat. Dan biasanya ia selalu muncul pada malam hari sendiri atau bergerombol. Saat menampakkan diri, sosoknya seperti tubuh manusia yang tinggi, besar, dan gemuk. Namun, tanpa kepala, kakinya menyerupai jari-jari manusia dan lipatanya perutnya sekilas membentuk wajah manusia.

Dalam sebuah surat gulungan kuno yang ditulis pada abad 18 oleh Makibokusen, dijelaskan seperti apa kemunculan Nuppeppo di istana shogun Ieyasu Tokugawa (1543-1616), menurut penuturan Makibokusen, Tokugawa meminta agar Nuppeppo dilepaskan karena tidak membahayakan dan dibebaskan ke dalam gunung yang jauh dari pemukiman penduduk. Tak lama beberapa waktu kemudian, Tokugawa mendapat ilmu dari seorang ahli yang pernah membaca literatur china makhluk yang memakan kulit youkai tersebut bermanfaat untuk mengembalikan vitalitas dan menjadi awet muda.

Disisi lain, tidak hanya Nuppeppo yang disebut-sebut memliki manfaat sebagai obat awet muda. Ada juga yang mengatakan jika daging putri duyung juga disebut bisa membuat awet muda. Dalam cerita rakyat Yaobikuni (Rahib Perempuan yang berusia 800 tahun) diceritakan seorang anak nalayan yang ingin menadi ikan tidak sengaja memakan daging putri duyung. Tanpa diduga, ia malah menjadi abadi dan segala kutukan tubuhnya hilang. Gadis itu kemudian hanya bisa melihat keluarga, teman, dan saudara-saudaranya tumbuh menjadi tua dan mati, dan meninggalkan dirinnya hidup abadi dalam kesendirian dan berada dibumi tanpa jelas tujuan hidupnya. Sampai akhirnya ia bisa mengakhiri hidupnya sendiri. Moral kisah ini, berhati-hatilah dengan apa yang kamu inginkan. Hidup abadi tidak bisa bebas dari penderitaan.

Hal pertama yang dianjurkan ketika bertemu Nuppeppo adalah, hindari jalan yang melewati kuburan atau kuil yang sudah ditinggalakan penghuninnya di malam hari. Tapi jika kamu terpaksa lewat jalan tersebut, tetaplah tenang karena sebenarnya tidak ada yang perlu ditakutkan dari sesosok Nuppeppo. Malah mungkin ini bisa menjadi kesempatan kamu ‘bermain-main’ sejenak dengan yokai. Misalnya mengajak Nuppoppo main Sumo? Dan siapakn jepitan baju untuk menjepit hidungmu sebelum berinteraksi dengan makhluk yang satu ini.

tumblr_m8cj7tmsO91qlwlpco1_400Atau buat kamu yang punya besi cor, mungkin sehelai kulit Nuppeppo bisa menyembuhkan penyakit kamu. Siapkan saja semuannya, dan dalam sekejap kamu akan menjadi seorang pembantai Nuppeppo, youkai bertubuh gemuk namun mayat yang sangat ramah dan tidak berbahaya. Abaikan mitos yang mengatakan bahwa daging Nuppeppo bisa membuat kamu awet muda dan abadi dengan wujud yang baru, karena mitos tersebut tidak menjamin sosok kamu akan menjedi seperti apa setelah kamu benar-benar hidup abadi.

Youkai ini pernah dimunculkan dalam beberapa film, termasuk film klasik yang pernah dibuat pada tahun 60-an. Selain film, Nuppeppo juga pernah dimunculkan dalam game Nintendo Wii Oboro Muramasa Youtouden (Muramasa; The Demon Blade sebagai youkai yang tidak agresif namun menyerang dengan random. Ada juga dalam game Okami, didalam kapal karam berhantu.

SUMBER: Nuppeppo Artikel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: